tren bisnis 2019

Loadzboard – Pada saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia seakan tidak ada surutnya. Setiap tahun justru semakin banyak perkembangan bisnis yang beragam macam jenisnya. Walaupun keadaan ekonomi global tengah menurun, tetapi hal itu tidak menghambat perkembangan bisnis di Indonesia. Tetapi di antara semua jenis bisnis yang ada pada tahun ini, ada 4 bisnis yang paling banyak diminati dan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Lalu bisnis apa saja kah bisnis yang menjadi tren pada tahun ini? berikut ulasannya :

Bisnis Online

Jenis bisnis ini seperti yang kita tahu setiap tahunnya semakin berkembang pesat. Perkembangannya sangat berpengaruh pada tahun ini, sehingga bisnis ini menduduki peringkat pertama dalam daftar bisnis yang paling diminati tahun 2019. Bisnis online sendiri berkembang seiring dengan berkembangnya pula platform-platform e-commerce dan social media seperti facebook, instagram, tokopedia, shopee dan lain-lain. Platform-platform ini menjadi media bagi para pengusaha menjajakan bisnisnya.

Dengan adanya platform ini, hubungan antara penjual dan pembeli semakin mudah. Bisnis jenis ini semakin berkembang karena saat ini pembeli cukup berbelanja melalui smartphone nya masing-masing dimanapun dan kapanpun tanpa harus ke toko tempat barang yang di inginkan tersebut berada.

Sayangnya hal ini membuat omset penjualan barang di toko-toko konvensional menjadi menurun. Sebab saat ini orang cenderung tidak mau lagi direpotkan dengan pergi ke toko fisik untuk mencari barangnya. Cukup melalui platform belanja online, maka mereka bisa mendapatkan barang yang di inginkan. Maka dari itu, para pemilik toko harus jeli melihat permasalahan ini. Ada baiknya mereka tidak hanya menjual barangnya secara konvensional, melainkan juga melalui online. Niscaya omset penjualan nya pun semakin membaik seperti sediakala.

Jasa Pengiriman Barang

Berkembangnya jasa pengiriman barang atau ekspedisi berjalan lurus dengan berkembangnya pula bisnis online di Indonesia. Penjual tidak bisa mengantarkan barangnya sendiri, maka dari itu di butuhkan bantuan pihak ketiga untuk membantu mereka menyalurkan produknya. Penyedia jasa pengiriman barang pun kecipratan untung dari ini. Bayangkan saja, setiap hari nya terdapat jutaan transaksi belanja online di Indonesia. Hal ini tentu menggiurkan bagi jasa ekspedisi. Mulai dari ekspedisi reguler maupun ekspedisi cargo.

Tetapi sayangnya banyak jasa pengiriman yang menganggap usaha ini adalah usaha kagetan mereka saja alias tidak di urus secara profesional. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan pada saat pengiriman barang, perusahaan ini pun tidak lepas tangan dan tidak mau bertanggung jawab. Hal ini berakibat pada kurangnya kepercayaan konsumen kepada jasa pengiriman yang benar-benar profesional di bidangnya. Sebut saja jasa pengiriman barang dari Jakarta ke Palembang yang beralamat di Bintara, Bekasi. Sejak tahun 2006 sudah melayani pengiriman barang ke manapun di seluruh Indonesia, bukan hanya perusahaan karbitan yang memanfaatkan situasi saat ini dimana bisnis online sedang berkembang pesat.

Bisnis Kreatif

Bagi insan muda alias gen milenial saat ini di tuntut untuk lebih kreatif dibandingkan para pendahulunya. Hal ini karena sebuah kreatifitas dapat menjadi ladang bisnis yang menggiurkan bagi siapapun yang serius dengan dunia industri kreatif. Pada tahun 2019 banyak muncul ide-ide menarik dari para pelaku bisnis yang memanfaatkan kreatifitasnya membuat sebuah produk. Misalnya sebuah makanan atau minuman, hiasan dinding, pakaian, dan lain sebagainya, bahkan produk non fisik berupa konten-konten di media social, video dan fotografi. Berkembangnya bisnis kreatif di Indonesia juga tak luput dari campur tangan Badan Ekonomi Kreatif yang di bangun oleh pemerintah untuk memfasilitasi para insan muda yang tertarik dengan bisnis yang berlandaskan kreatifitas nya masing-masing.

Baca Juga : BI Memegang Suku Bunga di 5% Karena Pertumbuhan Kredit Melambat Dalam Tiga Tahun

Bisnis Properti

Tak bisa dipungkiri, setiap tahun bisnis jenis ini tidak pernah surut perkembangannya. Kebutuhan manusia untuk mendapat tempat tinggal memang menjadi faktor utama bisnis properti terus bertahan tiap tahun. Hal ini juga dibarengi dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan juga angka pernikahan. Tentunya sebagian pasangan pengantin baru telah merencanakan untuk memiliki rumah sendiri jika sudah menikah. Bisnis properti bukan hanya tentang jual beli rumah, tetapi juga tentang sewa menyewa rumah atau kamar. Bayangkan saja ada berapa puluh juta jumlah mahasiswa yang memerlukan tempat tinggal selama mereka mengenyam pendidikan. Belum lagi karyawan yang masih lajang juga memerlukan tempat tinggal kecil-kecilan sembari menabung untuk membeli rumah. Maka bisnis kost-kostan atau rumah kontrakan juga berkembang pesat tiap tahun, termasuk pada tahun 2019.

Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang menggiurkan bagi para pemilik modal. Bagaimana tidak, hanya dengan menyetrokan sejumlah modal yang tidak terlalu besar kepada pemilik merek waralaba. Maka si pemilik merk waralaba tersebut memfasilitasi segala keperluan usaha nya. Mulai dari food booth atau gerobak, bahan baku, peratalan usaha dan lain sebagainya. Karena kemudahannya ini lah banyak pelaku bisnis yang memilih untuk mengalihkan uang nya untuk memulai bisnis waralaba. Tapi walaupun begitu, bisnis waralaba jarang ada yang bisa bertahan lama kalau pemilik merk tidak dapat membuat strategi pemasaran yang bagus. Apalagi harga produk dari waralaba tersebut tidak cocok dikantong pasar. Maka dari itu, pemilik modal harus mengetahui benar tentang daerahnya sendiri apakah bisnis waralaba yang di cobanya ini cocok di jajakan di daerahnya. Entah itu jenis produknya, maupun harganya.

Demikianlah kaleidoskop 2019 yang mengulas tentang 5 bisnis yang menjadi tren pada tahun ini, semoga  bermanfaat.