cara mengembangkan bisnis kecil

 

Lodzboard – Atau apakah anda mengalami kesulitan dalam memilih tujuan bisnis untuk bekerja tahun ini di tempt pertama ? Setiap pengusaha ingin memiliki bisnis yang sukses dan menguntungkan, tetapi tidak sealalu jelas bagaimana menuju ke sana. Jika anda ingin bisnis anda menjadi lebih menguntungkan dari sebelumnya, berikut ini adalah beberapa saran yang dapat kami berikan untuk mewujudkan impian anda. Dan ingat, membangun bisnis yang sukses itu adalah maraton, bukan lari cepat. Jadi tidak ada yang instan.

1. Fokus pada Costumer Service

Menurut sebuah studi oleh NewVoiceMedia, 51% pelanggan tidak akan mengulangi bisnis dengan perusahaan setelah mendapatkan pelayanan yang buruk. Studi lain menunjukkan bahwa perlu beberapa pengalaman pelanggan yang positif untuk menggantikan yang negatif.

Mengingat pelanggan setia membuat penjualan jauh lebih meningkat, prioritaskan costumer service yang baik. Periksa costumer service anda saat ini dan buat perubahan yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis kecil anda memberikan layanan yang lebih unggul daripada pesaing anda. Anda mungkin perlu berinvestasi dalam pelatihan staf, atau membuat perbaikan dasar seperti merespon dengan cepat telfon, pesan tau email dari pelanggan.

2. Bangun Iklan Mulut ke Mulut untuk Bisnis Anda

Baik anda menjalankan bisnis di komunirtas kecil atau di pusat kota besar, dari mulut ke mulut lebih penting daripada iklan konvensional. Sebagian besar konsumen beralih ke internet untuk mencari ulasan bisnis sebelum memutuskan ke mana mereka harus berbelanja, sehingga membangun reputasi yang baik sangat penting keberhasilan bisnis anda.

Bagaimana anda mendapatkan berita positif dari mulut ke mulut? dengan memberikan pelayanan yang baik, profesional dan memuaskan. Membangun dan memantau reputasi lokal anda. Dan mendapatkan publisitas dengan memberikan dukungan berupa moril dan materi ke organisasi amal setempat.

3. Perluas Pemasaran Anda

Pemasaran yang efektif adalah kunci untuk meningkatkan penjualan anda, tetapi anda tidak perlu merusak bank untuk mempromosikan bisnis anda. Ada banyak cara mudah dan murah untuk memasarkan produk atau jasa anda.

  • Membuat dan menggunakan kit promosi
  • Mengirim promosi dengan faktur anda
  • bergabung dengan organisasi profesional
  • memberikan lokakarya atau kelas gratis yang terkait dengan produk atau layanan anda
  • Mengembangkan kemitraan bisnis dan melakukan promosi silang dengan bisnis yang saling melengkapi
  • Iklankan bisnis anda di kendaaran anda sendiri dengan sticker

4. Mulailah untuk Online

Membuat situs web yang terlihat profesional bisa cepat dan mudah saat ini, dan bisnis kecil anda perlu berada di ruang online. Penelitian dari e-commerce wiki menunjukkan bahwa 88% konsumen sekarang meneliti pembelian online sebelum membeli langsung ke toko.

Sebuah situs web sederhana yang menggambarkan siapa anda, apa yang anda jual, dan bagaimana cara menghubungi anda akan cukup untuk banyak bisnis kecil, minimal situs anda harus mengandung :

  • Logo anda
  • Nama bisnis anda
  • Ringkasan tentang apa yang anda lakukan, produk dan layanan
  • Informasi kontak anda
  • Alamat anda, termasuk tautan google maps
  • Misi anda, misal “kami membuat pizza terbaik di kota…”
  • Testimoni dari pelanggan

Tergantung pada target pasar anda, media sosial dapat menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis anda juga. Membuat akun Facebook, Twitter, dan Instagram adalah standart untuk sebagian besar bisnis saat ini.

5. Potong Biaya Bisnis Anda

Biaya bisnis untuk semua hal, mulai dari ruang kantor hingga pengeluaran kendaraan tampaknya selalu meningkat, sehingga menjaga pengeluaran tetap terkendali adalah tugas penting bagi pemiliki bisnis.

Melacak pengeluaran itu memakan waktu dan melelahkan, jadi sedapat mungkin coba gunakan teknologi baru untuk membuat pekerjaan semudah mungkin. Misalnya, ada sejumlah aplikasi seluler untuk pelacakan pengeluaran, termasuk banyak aplikasi akuntansi berbasis cloud yang memungkinkan anda untuk secara otomatis menambahkan informasi pengeluaran ke dalam sistem akuntansi anda dengan menjepret gambar tanda terima dengan perangkat seluler anda.

Lakukan tinjauan tahunan atau bahkan semi-tahunan atas pengeluaran utama anda, seperti ruang kantor, asuransi bisnis, penempatan staf, dan pengeluaran kendaraan. Di mana anda bisa memotongnya? Jika anda berada di area yang memiliki ruang komersial yang luas, mungkin anda bisa memikirkan relokasi. Jika anda bahkan tidak membutuhkan etalase, anda dapat mengonversi ke bisnis berbasis rumah.

Tinjau biaya pasokan utama anda secara teratur dan selalu cari diskon atau cara menyatukan pembelian persediaan dengan bisnis lain untuk menghemat uang. Jadikan pengurangan biaya sebagai bagian dari deskripsi pekerjaan dan budaya perusahaan anda.

Baca Juga : Iklan Seluler Indonesia Mencatat Tingkat Pertumbuhan Tertinggi di Dunia

6. Go Mobile

Anda perlu memastikan bahwa kehadiran online anda, termasuk situs web bisnis anda mobile friendly atau ramah terhadap ponsel. Dijaman serba digital saat ini semakin banyak orang yang berselancar dan mencari dengan telepon mereka, bahkan ketika mereka di rumah.

Tetapi ada dua tren lain yang bisa menguntungkan bisnis kecil anda. Yang pertama adalah pemasaran seluler. Ada banyak sekali strategi khusus seluler yang dapat anda gunakan untuk mencapai pasar target anda dengan efek yang luar biasa, dari iklan pesan teks dan iklan tampilan seluler hingga membuat aplikasi bisnis anda sendiri dirancang.

Sistem pembayaran seluler mewakili peluang anda yang lain. Apple, Pay, Google Wallet, Venmo, Square, Intuit GoPayment, Paypal dan lain-lain merupakan pilihan untuk membayar melalui telepon seluler. Menawarkan layanan berbayar melalui telepon merupakan kenyamanan yang signifikan bagi pelanggan, tetapi bisnis kecil anda juga dapat merealisasikan penghematan yang besar karena dapat menggunakan sistem POS seluler.

7. Temukan dan Pertahankan Karyawan Yang Tepat

Menarik dan mempertahankan karyawan yang tepat adalah salah satu hal terpenting yang dapat anda lakukan dengan bisnis anda. Sementara mempekerjakan dan melatih karyawan setiap minggu mungkin menjadi bisnis seperti biasa untuk restoran cepat saji, sebagian besar bisnis yang sukses mengandalkan mempekerjakan staf berkualitas dan mempertahankan mereka untuk jangka panjang.

8. Tetap Seimbang

Untuk apa bisnis berjalan lancar jika kesehatan menurun. Terlalu banyak pemiliki bisnis yang mengorbankan kesehatan mental dan fisik, hubungan keluarga, dan teman mereka demi mencapai tujuan bisnis mereka. Jangan menjadi salah satu dari mereka, temukan tingkat keseimbangan kerja dan kehidupan yang dapat diterima. Tidur yang cukup, meluangankan waktu untuk keluarga dan teman, dan berolahraga secara teratur akan membantu anda tetap sehat dan memungkinkan anda dan bisnis anda makmur dalam jangka panjang.

9. Jadikan Ini Tahun Terbaik Anda

Inilah yang paling penting, sukses itu bukan sebuah pemberian. Jika anda ingin bisnis kecil anda menjadi lebih sukses tahun ini, anda perlu melakukan perubahan yang diperlukan untuk mewujudkannya.

Pekerjaan itu mungkin sesederhana berinvestasi dalam alat baru atau menantang seperti mengubah pemikiran anda tentang beberapa proses bisnis anda. Tetapi anda belum membawa bisnis anda sejauh ini hanya untuk membiarkannya mandek bukan>? Maka jadikan tahun berikutnya sebagai tahun terbaik untuk anda.