business sustainable

business sustainable

Lodzboard – Selama dua dekade terakhir ini, Business Sustainable atau bisnis berkelanjutan telah menjadi tren. Bukan hanya sekedar tren ikut-ikutan, tapi sesuai namanya tren ini berlangsung dan berlanjut hingga saat ini. Sustainable Business atau Bisnis Berkelanjutan adalah usaha perusahaan untuk memperkecil dampak negatif bagi lingkungan maupun sosial agar generasi penerus nantinya memiliki sumber daya yang memadai untuk memenuhi kebutuhannya

Penelitian menunjukkan bahwa bisnis sustainable memiliki manfaat bisnis yang nyata ketika diintegrasikan ke dalam operasi bisnis. Terdapat 6 manfaat utama jika kita mempraktikkan bisnis sustainable. Berikut ini 6 manfat tersebut:

1. Peningkatan citra merek dan keunggulan kompetitif.

Dengan mensurvei lebih dari 53.000 konsumen di Amerika Serikat, Natural Marketing Institute menemukan bahwa 58 persen konsumen mempertimbangkan dampak perusahaan terhadap lingkungan hidup. Mereka mempertimbangkan membeli barang dan jasa dari perusahaan yang menerapkan kebiasaan berkelanjutan. 68 juta orang Amerika memiliki kecenderungan positif terhadap perusahaan yang menunjukkan rekam jejak positif dalam nilai-nilai pribadi, sosial, dan lingkungan. Forum The Cause Marketing melaporkan bahwa konsumen juga menyukai perusahaan yang secara aktif mendukung komunitas mereka.

2. Meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya.

Para penentang business sustainable mengklaim bahwa praktik bisnis yang berkelanjutan memakan laba perusahaan. Pengembangan praktik bisnis yang berkelanjutan cocok untuk operasi yang efisien yang memperkecil usaha serta melestarikan sumber daya. Bisnis berkelanjutan juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi biaya. Pengurangan biaya mencakup strategi konservasi energi yang sederhana seperti mematikan lampu yang tidak perlu dan isolasi dinding untuk upaya yang lebih canggih dibandingkan memasang pemanas atau sistem pendingin. Upaya-upaya yang memiliki dampak keseluruhan yang lebih besar kemungkinan akan lebih mahal jika diterapkan, tetapi hasil jangka panjangnya cukup menguntungkan.

3. Meningkatkan Kemampuan Bisnis Untuk Mematuhi Peraturan

Dengan semua diskusi tentang perubahan iklim, berkurangnya sumber daya energi, dan dampak lingkungan, tidak mengherankan bahwa lembaga pemerintah memberlakukan peraturan untuk melindungi lingkungan. Mengintegrasikan business sustainable ke dalam bisnis anda akan membiasakan perusahaan ketika harus memenuhi peraturan yang berubah secara tiba-tiba.

4. Menarik karyawan dan investor

Orang-orang suka dikaitkan dengan hal-hal positif, terutama generasi muda yang dibesarkan dengan pesan perlindungan lingkungan yang stabil. Mereka tidak ingin dikaitkan dengan perusahaan yang terlibat dalam bencana ekologis dan skandal kesejahteraan sosial. Tunjukkan perusahaan Anda sebagai perusahaan yang menghormati lingkungan dan karyawan. Dan itu akan menarik orang berskill tinggi untuk bekerja kepada anda, dan juga investor yang menanamkan modalnya di perusahaan anda.

Baca Juga : Panduan Untuk Anda Yang Sedang Merencanakan Acara Perusahaan

5. Mengurangi limbah

Ini mungkin manfaat paling sederhana dan paling jelas untuk terlibat dalam praktik berkelanjutan. Dimulai pada 1990-an, banyak kantor mengumpulkan kaleng kosong untuk didaur ulang, upaya ini telah  dilakukan sejak dulu dan terus berkembang untuk mencakup mitigasi limbah di kertas (konservasi pohon dan habitat hutan), rekayasa nilai produk (pengerjaan ulang atau pengembangan proses baru yang menggunakan lebih sedikit bahan baku, lebih sedikit limbah dalam produksi barang), mengganti lampu pijar dengan lampu LED (efisiensi yang lebih besar dikombinasikan dengan lebih sedikit lampu yang digunakan).

6. Buat pemegang saham senang

Business Sustainable tidak hanya dapat digunakan untuk menurunkan biaya, tetapi juga dapat menghasilkan peningkatan laba. Dalam laporan sebuah pada tahun 2014, “Profits with Purpose : Bagaimana Pengorganisasian Business Sustainable Dapat Mendatangkan Manfaat,” meneliti 40 perusahaan untuk memahami tantangan keberlanjutan dan mencari rekomendasi praktis “untuk mendapatkan nilai dari keberlanjutan.” Mereka melaporkan bahwa sebuah studi oleh Deutsche Bank mengungkapkan bahwa perusahaan dengan peringkat tinggi dalam faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola mengungguli pasar dalam jangka menengah dan panjang. McKinsey melaporkan hasil serupa untuk studi yang dilakukan oleh Carbon Disclosure Project. Pernyataan itu didukung oleh perhitungan yang terkait dengan harga saham: “investasi $ 1 pada awal tahun 1993 dalam portofolio tertimbang nilai perusahaan dengan sustainable tinggi akan tumbuh menjadi $ 22,60 pada akhir 2010, dibandingkan dengan $ 15,40 untuk portofolio perusahaan dengan sustainable rendah. ”

Itulah dia 6 manfaat dalam pengaplikasian business sustainable didalam perusahaan kita. Kesimpulannya adalah business sustainable tidak hanya dapat bermanfaat bagi perusahaan, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat dan planet kita.