Lodzboard РBanyak pemilik usaha kecil yang ingin mengembangkan bisnis mereka, tetapi kebanyakan dari mereka ingin melakukannya dengan cepat. Tetapi  jika anda terburu-buru dalam melakukan ekspansi dan mengabaikan rencana yang matang, maka anda beresiko akan kehilangan semua yang telah anda dapatkan dengan susah payah untuk dibangun. Kita ambil contoh perusahaan Wise Acre Frozen Treats yang mana mempekerjakan terlalu banyak karyawan dan membeli terlalu banyak peralatan sebelum mereka memiliki pendapatan atau modal awal yang mereka butuhkan. Maka dalam beberapa tahun saja perusahaan yang bergerak dibidang makanan beku tersebut, bangkrut hanya dalam beberapa tahun.

Maka, untuk menghindari kejadian serupa, perhatikan lima tips ini untuk memperluas bisnis kecil anda dengan cara yang benar.

Kembangkan Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan yang kuat adalah hal yang akan menjaga tim bisnis kecil anda bersama selama masa pertumbuhan eksponensial. Jika anda tidak yakin harus mulai dari mana, tanyakan pada diri sendiri dan pertanyakan tim anda seperti :

  • Mengapa perusahaan kami ada?
  • Mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan?
  • Apa yang dipercaya oleh perusahaan kami?
  • Apa nilai-nilai perusahaan kita?
  • Ke mana kita ingin perusahaan ini melangkah? misal, apa visi perusahaan kita?

Ketika karyawan merasa terhubung dengan perusahaan anda, mereka cenderung akan bertahan di perusahaan. Plus, budaya perusahaan yang kuat sebenarnya dapat menarik pelanggan baru ke bisnis anda, jadi konsistenlah dengan itu dn perickkan ke mana-mana, termasuk ke situs web anda, platform media sosial, materi pemasaran, dan lain-lain. Ketika audiens target anda melihat nilai-nilai perusahaan anda, mereka akan terhubung dengan bisnis Anda di tingkat yang lebih dalam.

Pekerjakan Orang Yang Tepat

Tahap perekrutan sangat penting untuk menumbuhkan bisnis Anda dengan sukses. Penting untuk meluangkan waktu Anda dan menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Lakukan dan hal-hal seperti itu akan mudah mengalir begitu saja seperti air. Pekerjakan orang yang salah maka semua kerja keras Anda akan runtuh. Untuk menghindari nasib yang terakhir, pertimbangkan untuk merekrut orang berdasarkan keterampilan teknis dan pengalaman mereka. Anda juga harus menentukan apakah mereka cocok untuk masa pertumbuhan ini. Misalnya, anda dapat bertanya kepada kandidat bagaimana mereka menginterprestasikan visi perusahaan Anda untuk melihat apakah mereka akan cocok dengan tim anda. Kehidupan startup bukan untuk semua orang, jadi temukan karyawan yang akan bersemangat untuk menerima tantangan.

Fokus Pada Inovasi, di Tempat Yang Tepat

Ketika sedang mengembangkan bisnis kecil Anda, Anda mungkin akan tergoda untuk menghabiskan banyak uang untuk meningkatkan produk Anda, atau menciptakan atau menawarkan lebih banyak produk. Sebaliknya, fokuslah pada inovasi di bidang lain. Sebagai salah satu contoh, cobalah berinovasi pengalaman onboarding Anda atau mengadopsi teknologi baru seperti live chat untuk meningkatkan skala layanan pelanggan Anda, seperti kampanye Petplan yang cerdas ini. Sumber daya Anda, dan itu penting ketika mengembangkan basis pelanggan Anda. Setelah Anda mencapai stabilitas lebih, maka anda dapat berpikir tentang memperkenalkan produk baru.

Baca Juga : Usaha Jualan Online Akan Dikenakan Wajib Izin Usaha Mulai 2020

Bangun Pengakuan Merek

Ketika seorang konsumen melihat logo anda, kampanye iklan, kemasan produk atau slogan, Anda tentu ingin mereka dapat mengenalinya sebagai perusahaan anda bukan? Ini semua bermuara untuk mendapatkan pengakuan merek. Ambilah contoh slogan susu suplement “L-men” yang sangat iconic “Trust Me, It Works”. Ketika konsumen mendengar slogan itu, mereka langsung dapat mengenalinya sebagai slogan dari produk L-Men. Bisnis kecil anda mungkin tidak dapat mencapai level seperti L-Men, tetapi anda masih mempunyai kesempatan untuk menjadi merek yang lebih terkenal di antara kompetitor anda. Cara mudah untuk melakukan ini adalah memulai jaringan lebih sering di media sosial. Semakin banyak konsumen melihat Anda online, semakin mudah perusahaan Anda untuk mengingat perusahaan Anda.

Jangan Lupakan Pelanggan Anda Yang Sudah Ada

Banyak pemiliki bisnis kecil terlalu fokus mencari pelanggan baru sehingga terkadang mengabaikan pelanggan setia mereka. Bahkan menurut statistik dari Tren Bisnis Kecil, hanya enam persen dari bisnis kecil yang fokus pada retensi pelanggan. Untuk membuat pelanggan Anda yang ada merasa dihargai, pertimbangkan untuk membuat survey tentang bisnis Anda saat ini. Misalnya apa yang disukai oleh pelanggan, dan apa yang harusnya ditingkatkan lagi, atau apa yang mereka inginkan dari ekspansi perusahaan Anda. Anda kemudian dapat menggunakan umpan balik ini untuk meningkatkan bisnis Anda dan mengurangi kehilangan pelanggan. Bagaimanapun, pelanggan yang senang dengan bisnis anda akan lebih cenderung menghabiskan lebih banyak uang dan merekomendasikan perusahaan Anda kepada keluarga dan teman-teman mereka.

Memperluas bisnis kecil Anda merupakan hal yang menarik, asalkan anda tidak terbawa suasana. Dengan masuk ke ekspansi dengan rencana dalam pikiran, Anda akan dapat tetap setia pada nilai-nilai perusahaan Anda, mempertahankan karyawan terbaik anda, mengesankan pelanggan setia Anda dan menarik pelanggan yang baru, yang semuanya berkontribusi pada resep untuk bisnis yang sukses. Tips terakhir untuk anda, jika ingin mengekspansi perusahaan anda ke kota besar lainnya di Indonesia seperti ke Aceh, pakailah jasa pengiriman barang murah dari Jakarta ke Aceh untuk mengirimkan berbagai macam kebutuhan kantor cabang anda. Semoga bermanfaat.