tips bisnis social media

tips bisnis social media

Lodzboard – Dijaman serba digital seperti ini, semua orang harus tahu bahwabisnis perlu menggunakan jasa sosial media untuk menjadi sukses.  Tapi tidak cukup menggunakan social media saja, anda harus menggunakannya dengan bijak. Apakah anda tahu sebuah game show televisi bernama “Deal Or No Deal” yang mana para kontestan di suruh memilih sebuah kotak atau tirai yang di dalamnya berisi hadiah menarik. Dari mulai vouhcer liburan hingga mobil. Jika anda tau, maka disini Lodzboard akan menyampaikan sebuah inspirasi tentang bagaimana bijak menggunakan social media untuk bisnis berdasarkan game show tersebut.

1. Ajukan Pertanyaan

Setiap kali seorang kontestan bingung menentukan, penonton distudio selalu bersedia memberikan anda saran untuk menang. Ini juga berlaku di media social. Cara yang bagus untuk membangun pengikut di media social anda adalah dengan membuat hubungan yang lebih dalam bersama pengikut anda dengan mengajukan pertanyaan dan mendapatkan umpan balik dari itu. Anda akan mendapatkan saran, rekomendasi dan wawasan yang lebih luas.

Tapi sama seperti penonton acara The Price Is Right ketika mayoritas menyebutkan Tirai 1, tetapi ada 1 audiens yang berteriak paling keras “Tirai 2!”. Disaat ini gunakan kebijakan anda dalam mewaspadai vokal minoritas. Tapi anda juga harus pastikan bahwa pengikut anda yang paling keras dalam menjawab ini memiliki arahan dan saran yang benar-benar layak untuk di ikuti.

2. Jadilah Menonjol

Pada Acara “Deal or No Deal” jika anda ingin dipilih menjadi kontestan, anda harus menonjol. Begitu juga di dalam dunia media social. Ada banyak jenis startegi untuk membuat anda diperhatikan, tetapi strategi visual tampaknya bekerja dengan baik. Itu sebabnya anda melihat banyak orang berkostum aneh menari-nari mencuri perhatian atau bahkan berteriak dengan energi sebanyak mungkin.

Jadi lakukan lah hal serupa dengan akun media social mu. Gunakan visual untuk menonjol. Postingan atau status yang memasukkan gambar menarik memiliki peluang lebih besar untuk disukai, dibagikan, dan di klik. Jadi pastikan untuk menyertakan gambar yang menarik bagi pelanggan dan klien target anda. Gunakan strategi ini dengan benar dan anda akan segera menuju baris kontestan.

Baca Juga : 5 Manfaat Business Suistainability Untuk Perusahaan Yang Wajib Anda Ketahui 

3. Pintar Melihat Peluang

Dalam acara “Deal Or No Deal” jika anda salah memilih kotak atau tirai, maka isi nya adalah sebuah “zonk” yang artinya hadiah yang tidak ada nilainya seperti ban bekas, alat elektronik rusak dan sebagainya. Dan biasanya dalam setiap sesi, “zonk” hanya keluar 1 kali. Jadi jika “zonk” sudah keluar, maka andasudah bisa bernafas lega. Pilihan anda selanjutnya hanya adadua, yaitu hadiah yang lebih besar nilainya atau yang lebih kecilharganya. Disini lah anda harus jeli melihat peluang. Seperti halnya dalam media social, anda harus jeli melihat apa yang bisa menguntungkan untuk anda. Contohnya carilah influencer atau selebritas yang dipercaya dan di ikuti oleh kebanyakan pelanggan ideal anda. Terkadang hanya dengan menyukai postingan mereka atau memuji mereka cukup untuk mengumpulkan perhatian dari influencer dan bahkan mungkin juga pengikutinya. Juga dapatkan peluangan dengan menemukan topik yang sedang hangat atau tren yang akan diperhatikan oleh audiens. Dan ingat seperti permainan “Deal Or No Deal” yang di tayangkan di tv. Sekali anda muncul di tv, setidaknya anda akan di ingat oleh orang karena anda salah memilih kotak atau tirai yang berisi hadiah bernilai tinggi. Jadi sama seperti media social, setelah anda memposting sesuatu, it akan online selama nya. Jadi meskipun anda menghapusnya itu tidak benar-benar hilang. Maka dari itu, memikirkan betul-betul dampak dari postingan anda sebelum mengirimkannya adalah langkah yang tepat.

Demikian lah 3 hal singkat yang bisa dijadikan inspirasi bermedia social dari game show terkenal tersebut, semoga dapat menginspirasi anda.